Pada tanggal 20 Agustus 2023, Yayasan Jalantara bekerja sama dengan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPN Veteran Jakarta) menyelenggarakan sebuah kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang bertempat di Gunung Sindur, Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan ibu rumah tangga dalam pengolahan sampah, dengan fokus pada upaya daur ulang minyak jelantah menjadi produk ramah lingkungan, seperti sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan karbol. Kegiatan ini menjadi sebuah langkah inovatif dan berdaya guna dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Mahasiswa dari UPN Veteran Jakarta, bersama dengan tim dari Yayasan Jalantara, menjadi motor penggerak dalam kegiatan ini. Mereka tidak hanya memberikan pemahaman dan keterampilan praktis kepada para ibu rumah tangga, tetapi juga menjadi fasilitator untuk menciptakan kolaborasi yang efektif antara masyarakat dan pihak akademis dalam mengatasi permasalahan lingkungan.

Selama kegiatan, para peserta diajak untuk memahami pentingnya pengelolaan sampah yang berkelanjutan. Minyak jelantah, yang sering kali menjadi limbah rumah tangga yang tidak terkelola dengan baik, diangkat sebagai fokus utama. Para ibu rumah tangga diajak untuk menyadari potensi yang terkandung dalam minyak jelantah bekas, yang dapat diolah menjadi produk-produk yang bermanfaat dan ramah lingkungan.

Proses daur ulang minyak jelantah menjadi produk ramah lingkungan seperti sabun cuci piring, sabun cuci tangan, dan karbol tidak hanya membutuhkan keterampilan teknis, tetapi juga pengetahuan tentang proses kimia dan sanitasi yang baik. Para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang langkah-langkah yang diperlukan dalam proses produksi, mulai dari pengumpulan minyak jelantah bekas, proses pengolahan, hingga pengemasan produk jadi.

Selain itu, aspek kewirausahaan juga turut ditekankan dalam kegiatan ini. Para ibu rumah tangga diajak untuk melihat potensi ekonomi yang terkait dengan pengolahan sampah, yang dapat meningkatkan pendapatan keluarga mereka. Melalui pelatihan dan pembinaan, diharapkan para peserta dapat melanjutkan usaha ini secara mandiri setelah kegiatan selesai, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan oleh masyarakat sekitar.

Workshop Minyak Jelantah oleh Jalantara di Gunung Sindur, Bogor

Tidak hanya memberikan manfaat ekonomi, kegiatan ini juga memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Dengan mengurangi jumlah minyak jelantah yang dibuang begitu saja, kita juga mengurangi dampak negatifnya terhadap lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah. Produk-produk ramah lingkungan yang dihasilkan dari daur ulang minyak jelantah juga memberikan alternatif yang lebih aman dan sehat bagi masyarakat.

Secara keseluruhan, kolaborasi antara Yayasan Jalantara dan UPN Veteran Jakarta dalam kegiatan PKM ini berhasil memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan. Melalui pendekatan yang holistik dan partisipatif, kegiatan ini tidak hanya memberikan solusi praktis dalam mengelola sampah, tetapi juga membuka peluang baru bagi kesejahteraan ekonomi masyarakat lokal dan keberlanjutan lingkungan.

Workshop Jalantara dengan UPN Veteran Jakarta