Pada Peringatan Hari Ibu yaitu tanggal 22 Desember 2022 di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebuah kegiatan Coaching Clinic Pengolahan Limbah Jelantah diselenggarakan dengan tema “Ibu Berdaya, Cinta Bumi”. Acara ini tidak hanya dihadiri oleh para pejabat dan pegawai lingkungan instansi pemerintahan, tetapi juga melibatkan kelompok-kelompok binaan alumni akademi pendampingan dari Yayasan Jalantara.

Acara dihelat di Gedung Manggala Wana Bakti, dimana terdapat beberapa booth yang salah satunya memuat pengolahan jelantah oleh Yayasan Jalantara. Poster-poster informatif yang disematkan di booth tersebut memberikan wawasan kepada para peserta acara tentang pentingnya pengelolaan limbah jelantah dan dampaknya terhadap lingkungan. Bersama Yayasan Jalantara Ibu Rika dan Ibu Endang, yang juga merupakan pengurus BS01 (Bank Sampah 01) di Kecamatan Pengasinan, Kota Depok, Jawa Barat, bertindak sebagai fasilitator untuk acara ini.

Dalam kegiatan Coaching Clinic ini, peserta diajak untuk memahami lebih dalam mengenai teknik-teknik pengolahan limbah jelantah yang ramah lingkungan. Selain itu, mereka juga diberikan informasi tentang pentingnya peran perempuan dalam upaya pelestarian lingkungan, sejalan dengan tema acara yang menekankan keberdayaan perempuan dalam menjaga bumi.

Coaching Clinic Hari Ibu KLHK

Yayasan Jalantara berharap agar melalui kegiatan ini, para peserta, khususnya para wanita, dapat semakin tergerak untuk mengambil peran dalam pengelolaan limbah jelantah di lingkungan mereka masing-masing. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mereka dapatkan dari acara ini, diharapkan bahwa produk ramah lingkungan akan semakin dikenal dan digunakan dalam pengolahan limbah di masa depan.

Selain itu, melalui partisipasi aktif dari berbagai kelompok binaan dan alumni akademi pendampingan, acara ini juga menjadi momentum untuk memperkuat jaringan kolaboratif dalam upaya perlindungan lingkungan hidup. Semangat “Ibu Berdaya, Cinta Bumi” terus ditanamkan melalui berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun kesadaran dan tindakan nyata dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup kita.