Jalantara

February 26, 2022

Jelantah jadi sabun cair, caranya? Part.2

Setelah part 1 kita membahas langkah pemurnian minyak jelantah menjadi minyak palem purifikasi saatnya kita belajar tahap kedua yaitu pembuatan surfaktan base atau sabun cair biang yang akan diturunkan menjadi produk akhir ditahap ketiga nanti. kita akan bahas bertahap untuk masing-masing produk ya kan banyak guys jadi ga habis dalam satu postingan. Nah yuk kita mulai tahap yg paling penting ini yaitu pembuatan surfaktan base.

Sebelum lebih jauh yuk kita kenalan dengan bahan organik ini. Pada dasarnya sabun adalah hasil reaksi saponifikasi antara minyak alami dengan alkali kuat. untuk kali ini kita akan menggunakan dua jenis minyak alami yang berasal dari tumbuhan yaitu minyak palem atau lebih dikenal minyak sawit yang merupakan minyak paling banyak digunakan didunia untuk menggoreng dan menghasilkan limbah jelantah hingga jutaan kilo liter setahun di indonesia saja guys. Makanya kita pilih sebagai bahan utama setelah melalui tahap purifikasi.

Yang kedua kita akan menggunakan minyak kelapa. Yup minyak kelapa dipilih karena minyak ini adalah karunia Allah yang wajib disyukuri guys, karena sabun yang dibuat menggunakan minyak ini akan menghasilkan busa yang melimpah dan memiliki daya bersih yang powerful. Hal ini karena secara alami minyak ini mengandung Lauric Acid yang tinggi dengan rantai karbon yang panjang. Namun penggunaannya maksimal diangka 25-30% ya guys karena efek kering akan dirasakan jika terlalu banyak dalam formulasi kli ini kita akan menggunakan 3:1 antara minyak sawit dengan kelapa.

Nah kamu yang sudah biasa membuat sabun batang biasanya menggunakan alkali kuatnya adalah soda api ya atau sodium hydoxide biasa disebut NaOH. Untuk sabun Cair hack nya disini guys kamu pakainya bukan soda api namun kamu memakai soda potash dikenal juga dengan Kalium Hidroksida (KOH) atau Potassium Hydroxide. Jangan ngeri duluan ya guys ini pada dasarnya mirip seperti soda api guys bedanya senyawa ini secara atom lebih besar dan menghasilkan sabun berbentuk cair. ingat selalu gunakan alat proteksi selama pembuatan ya minimal masker, goggles dan gloves alias kacamata dan sarung tangan pelindung. lakukan selalu diruangan berventilasi udara baik ya. belinya dimana? Onlen-onlen aja guys banyak kok sekilo 30 ribuan harga saat ini KOH.

BS 01 Pengasinan Depok in Action

Surfaktan kita secara umum mengandung Kalium Palmitate – Kalium Laurat dan Vegetable Gliserin. Jadi produk yang kita buat ini secara alami mengandung pelembut premium guys sehingga lebih lembut dikulit dan dapat melembutkan serat pakaian juga jika dibuat deterjen pakaian nanti. Berdasarkan Environmental Protection Agency (EPA) Kalium Palmitate masuk kategori Hijau guys alias aman untuk lingkungan alias juga biodegradable dan ecofriendly. Sabun ini organik guys bisa juga disebut sabun vegan atau sabun tumbuhan.

Reaksi Umum = Minyak + KOH –> Sabun + Gliserin

Formula (Catet Ya penting nih)

Minyak Palem 900gr + Minyak Kelapa 300gr total mix minyak 1200gr. (suhu 60’C) kita sebut Mix A

KOH 240gr + Air Demineral 480gr (hingga jernih) sebagai Mix B

Mix A + Mix B –> Biang Pasta (Mix Kental K-Palmitate + Gliserin)

Timbang yg tepat ya guys pake yg digital agar hasilnya paten, zat kimia suka ngambek kalo lebih atau kurang mereka nanti hasilnya ga sesuai harapan, lakukan juga sesuai urutan ya. nanti kalau sudah jago kita buat formula lain, sementara coba disiplin yang dasar dulu ya.

emak-emak mekarjaya in action

mix A + mix B direaksikan dalam wadah tahan panas dan basa kuat. disarankan menggunkan bahan Clay Pot seperti pada slow cooker yang juga memanaskan secara merata ada tiga set warm-low-high kamu pilih high saat proses mix ya. untuk formula ini pilih yg ukuran maksimal slowcookernya 3.5L untuk batch ini.

Aduk dengan menggunakan immersion blender atau handblender ya ini untuk menghindari bahan muncrat atau keluar wadah atau mengenai kulit serta hasil reaksi menjadi lebih cepat selesai dibandingkan mengaduk manual. slow cooker dan handblender bisa kamu dapat di toko elektronik atau toko kelontong ternama. browsing aja guys ada di olshop juga hehe

Mix A + B diatas Slow Cooker 300rb-an

reaksi akan terlihat diawal seperti mentega cair, lalu masuk tahap saus apel, lalu masuk ke tahap semi kental dan terakhir seperti selai nanas. iya mirip isian nastar kue lebaran itu hehe.. apa tanda reaksi selesai? saat selai nanasnya terlihat translucent atau istilahnya looks berkilau tembus cahaya atau lihat aja ya contohnya dibawah ini, hasil tiap produksi berbeda warnanya tergantung warna awal minyak kita ya. cara mudah mengetahui reaksi kita telah selesai atau belum adalah dengan mendiamkan reaksi selama semalaman ya guys jadi setelah terlihat kental kita matikan sja slow cookernya lalu kita diamkan saja nanti akan jadi biang pasta yang siap kita encerkan guys!

Biang Pasta Kalium Palmitat (bukan nanas)

Gimana Guys cukup jelas kan ya? kami rutin mengadakan pelatihan gratis guys atau kamu bisa mengumpulkan komunitas lalu undang Jalantara ya for free guys. hayuk sama-sama kita lestarikan bumi kita.

Eh bentar, terus pastanya diapain? oh iya nanti pastanya diencerin guys pakai air panas perbandingan Pasta : Air adalah 1 : 3, misalnya ambil pasta 100gr dengan air panas 300gr lalu jadilah sabun biang cair kita yg siap kita mix jadi aneka produk pembersih sampai 50 jenis produk guys. dari batch ini kamu bisa buat 50-100L produk akhir lho.

Caranya? nantikan di part.3 kita share formula agar produk kamu seperti produk pembersih dipasaran jadi kita bisa ajak banyak tetangga menyelamatkan bumi dengan produk ramah lingkungan ini, see you soon!

Tinggalkan komentar

Back to top