Jalantara

November 11, 2022

Dharmawanita Persatuan Pusat dan PPGL KLHK melakukan Bimtek Jelantah menjadi Produk Ramah

Pusat pengembangan generasi lingkungan hidup KLHK bersama Dharmawanita Persatuan Pusat menyelenggarakan pelatihan pengelolaan bank sampah dan teknologi mengolah jelantah menjadi produk ramah yaitu cairan pembersih dalam hal ini sabun cuci piring dan karbol wangi.

Yayasan Jalantara menjadi salah satu narasumber bersama salah satu binaan Jalantara yaitu Bank Sampah Nol Satu Pengasinan depok melakukan workshop pengenalan teknologi mudah terap untuk limbah jenis jelantah.

Selain itu yang tak kalah penting adalah presentasi oleh PPGLHK tentang pentingnya pemilahan sampah serta melakukan workshop terbuka mengenai Bank Sampah Gemilang yaitu bank sampah yang berada dibawah PGL KLHK dalam mengelola aneka sampah dari pegawai dan masyarakat sekitar.

Salah satu yang ditampilkan dalam pengolahan limbah yang ada adalah limbah organik menjadi biokonversi maggot sebagai alternatif pakan mandiri ternak dan ikan, pengolahan limbah styrofoam yang mudah dan bernilai guna, serta pengolahan limbah plastik dengan teknologi pelelehan dan molding menjadikan bahan berkualitas tinggi seperti menjadi balok dan bahan berguna lain.

Jalantara berbagi teknik pengolahan limbah cair organik yaitu minyak jelantah kepada peserta yang berasal dari pengurus pusat dharmawanita persatuan yang juga sangat concern terhadap permasalahan sampah terutama yang masih bernilai guna untuk disebarluaskan lebih jauh kepada para wanita indonesia pada umumnya.

Workshop Styrofoam

Workshop produk jelantah menjadi pembersih premium dilakukan secara langsung mulai dari scratch jelantah menjadi sabun pencuci piring dan karbol wangi. Pelatihan dipandu oleh anggota Bank sampah Nol satu yang memandu dengan sangat baik step by step sehingga dapat dengan mudah dimengerti oleh peserta.

Workshop Jelantah

Selain itu diperkenalkan oleh jalantara teknik sederhana mengolah limbah styrofoam yang menjadi pencemar dan sulit dikelola selama ini menjadi aneka produk bernilai guna seperti talenan alas memotong, meja sederhana dan perabot lain.

Diharapkan Dharmawanita Persatuan Pusat sebagai organisasi besar penggerak nasional wanita indonesia mampu menyebarkan informasi ini dan bermanfaat lebih luas lagi bagi keluarga indonesia sekaligus menyelamatkan lingkungan dari pencemaran limbah rumah tangga.

Tinggalkan komentar

Back to top